Cara Alami Sembuhkan Wasir

|| || ,, || Leave a komentar
Cara Alami Sembuhkan Wasir
Cara Alami Sembuhkan Wasir - Wasir memang sangat menyiksa penderitanya, terutama saat duduk atau berdiri terlalu lama. Parahnya, wasir yang berkelanjutan dapat menyebabkan perdarahan pada anus.

Banyak obat-obatan yang menjanjikan dapat menghilangkan wasir. Bahkan tindakan operasi pun kerap dipilih sebagai salah satu cara untuk menghilangkan wasir. Namun, semua itu pastilah memiliki efek samping. Untuk meminimalisir dampak negatif dari obat-obatan, Anda bisa menggunakan bahan alami ini untuk membantu penyembuhan wasir.

1. Lidah buaya (Aloe Vera)

Lidah buaya dipercaya mampu mengobati wasir dari dalam dan luar. Untuk pengobatan luar, oleskan daging lidah buaya pada tonjolan wasir. Sebagai pengobatan dalam, Anda bisa mengonsumsi daging lidah buaya secara teratur untuk meringankan gejala hemoroid.

Bagi orang yang alergi dengan lidah buaya disarankan untuk terlebih dahulu mengoleskan pada kulit. Gunakan lidah buaya bila kulit tidak menunjukkann reaksi gatal atau kemerahan.

2. Bawang putih

Untuk mengobati wasir yang ada di dalam dubur, masukan bawang putih yang berukuran kecil ke dalam dubur sebelum tidur. Untuk wasir yang ada di luar dubur, oleskan bawang putih yang sudah ditumbuk pada wasir.

3. Madu dan Cuka Apel

Cuka apel berkhasiat untuk mengecilkan pembuluh darah yang bengkak. Sementara madu bermanfaat sebagai anti-inflamasi dan mempercepat penyembuhan luka. Untuk mengobati wasir, campurkan kedua bahan alami tadi lalu oleskan pada wasir.

4. Plantago Ovata

Masalah penyebab utama wasir adalah kurangnya asupan serat yang dikonsumsi. Plantago ovata adalah salah satu sumber serat larut seperti gelatin didalam sistem pencernaan. Plantago ovata dapat menyebabkan perlambatan dalam penyerapan obat jadi jangan diminum bersama dengan obat dan harus dicampur air terlebih dahulu.

Sumber: tipskesehatan.web.id