4 Metode Bermain Untuk Belajar

|| || , || Leave a komentar
Bermain Untuk Belajar Pada anak-anak sangat di perlukan karena perkembangan sensorik dan motorik sang anak mulai menerima rangsangan dari sekitar dan lingkunganannya.Bermain adalah kegemaran semua anak.

Belajar adalah upaya untuk membentuk hubungan stimulus respons sebanyak-banyaknya. Tokoh utama teori ini adalah “Edward L. Thorndike”.


Bagaimana cara kita untuk mengajar anak untuk belajar seperti menghitung,menulis,membaca dll.Pada anak kita dan tidak menggangu perkembangan sang anak tersebut.

Dalam proses kegiatan belajar mengajar harus dengan metode agar proses kegiatan tersebut berjalan terkendali dan bahan pelajaran itu diterima serta dicernakan oleh anak didik sesuai dengan perencanaan. arti Metode itu sendiri ialah suatu cara kerja yang sitematik dan umum, terutama dalam mencari kegiatan ilmiah.

Sedangkan arti dari Metode Pengajaran Anak Usia Dini ialah suatu cara kerja yang sistematik untuk menyampaikan bahan ajaran yang sesuai dengan karaktritsik anak usia dini.

Agar peran orang tua dan seorang pendidik bisa memberikan suatu bahan ajaran dengan baik dengan cara sambil mengajak anak didik bermain.oleh sebab itu sebagai orang tua dan pendidik harus mengetahui karakter yang seperti apa yang bisa menjadikan anak respons dalam suatu materi pelajar.

Cara-Cara metode Perkembangan Anak Bermain Untuk Belajar.

Manfaat Penggunaan Metode Tebak Bentuk

Dari permainan tebak bentuk dapat di ambil beberapa manfaat bagi kepentingan pengajaranantara lain:
a. anak mampu mangetahui beragam-ragam bentuk
b. lebih aktif dalam melakukan suatu kegiatan
c. dapat mngalami rasa berhasil ketika anak bisa menemukan dan menebak bentuk dengan benar.

Langkah-langkah Metode Permainnan Tebak Bentuk

Pelaksanaan Metode Permainnan Tebak Bentuk Dapat mengukiti langkah-langkah sebagai Berikut:
Persiapan
Mempersiapkan bahan atu materi peljaran yang akan di ajarkan Seperti: mengenal Hurf (A-E), Angka (1-5), Mengenal Bentuk (Persegi, lingkaran), alat-alat (Penghapus,pensi).

Alat Bantu
Mepersiapkan alat bantu materi seperti satu huruf yang terbuat dari bahan yang membentuk huf tersebut. Dan alat bantu lainnya seperti penutup mata

Penentuan Kelompok
Bagi beberapa anak menjadi kelompok( I kelompok 3-5 anak) dan beri alat bantu kepada setiap kelopok (1 kelompkok 3 orng alat bantu 4-5)

Permainan Tebak Bentuk
Semua anak didik di tutup matanya dengan menggunakan penutup mata tau kain hitam dan di tempat kan di tempat kelompoknya yang sudah dibagi,

Lalu beri arahan kepada anak didik bahwa mereka hrus mengambil benda yng ada di kelompoknya( 1 orang 1 alat bantu), setelah itu anak di persilahkan utuk menebak bentuk apa yang dia ambil. Dan anak di persilah kan mebuka penutup mata. Dan tanyakan siapa saja yanag benar menebak bentuk yang di ambil.

Evaluasi
Tanyakan kesulita ketika menebak bentuk kepada anak didik yang salah.

Ulangi Permainan
Ulangi permaina dengan merubah Kelompok anak dan lakukan seperti awal.


Hal-hal yang patut di perhatikan :

Alat bantu yan akan digunakan hendaklah murid sudah mengetahui terlebih dahulu
gunakan alat bantu tebakkan yang berbentuk dan bisa diraba tnpa di lihat oleh anak
Biarkan anak menebak bentuk benda dengan sendiri.

Hubungan antara stimulus dan respons akan terbentuk apabila sering dilatih atau di ulang-ulang.selanjutnya meurut hokum akibat (low of effect) hubungan stimulus dan respons akan terjadi apabila ada akibat yang menyenangkan.Dengan 4 Metode Bermain Untuk Belajar yang sudah di sebutkan maka kita sebagai orang tua harus mengajarkan anak tersebut sedini mungkin agar cepat pintar.