Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Ginjal

|| || || Leave a komentar
Dokternews,Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Ginjal - Pada hari saya akan membahas tentang ginjal,ginjal mempunyai fungsi sebagai penyaring zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh lalu membuangnya melalui urine. Selain itu, ginjal juga bertugas menyeimbangkan kandungan garam dan mineral di dalam darah sehingga tekanannya tetap terjaga seimbang.

Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Ginjal

Lalu ginjal juga mempunyai  fungsi sebagai organ yang berperan penting dalam mengatur keseimbangan asam-basa, pengaturan tekanan darah, merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah, membantu mempertahankan kalsium untuk tulang.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang melindungin ginjal dan Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Ginjal agar selalu sehat.Berikut saya akan memberikan informasinya gratis.

Menjaga berat badan

Gemuk bukanlah kondisi tubuh yang sehat, Menjaga berat badan is a must untuk setiap orang agar seluruh organ tubuh dapat bekerja lebih maksimal tanpa balutan lemak. Jika berat badan berlebihan, maka ginjal juga jauh lebih lemah dan berat kerjanya.

Mengatur pola makan

Merupakan tips ampuh menjaga dan merawat kesehatan ginjal anda. Pilihlah makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran yang di tanam dengan tanpa pupuk kimia (organik) serta jauhilah makanan olahan, kurangi konsumsi garam berlebih, serta konsumsilah ikan atau daging putih tanpa lemak.

Rajin berolahraga

Beraktivitas yang dimaksudkan yakni melakukan aktivitas fisik. Aktiflah bergerak untuk tetap menyehatkan tubuh termasuk ginjal Anda.

Stop/kurangin kebiasaan merokok

Merupakan langkah berikutnya yang sangat di anjurkan untuk menjaga kesehatan ginjal anda. ini dikarenakan, kandungan nikotin dalam rokok berperan penting dalam gangguan ginjal yang akan anda alami.

Konsumsi makanan sehat

Makanan yang mengandung racun seperti zat pewarna sintetik dan zat pengawet juga dapat mengganggu kesehatan ginjal.seperti teh atau kopi jika terlalu sering diminum setiap hari dapat berkontribusi dalam pembentukan batu ginjal. Maka Anda perlu menyeimbangkannya dengan banyak meminum air putih.

Perbanyak minum air putih

Mencukupi kebutuhan cairan penting artinya bagi organ ginjal. Anda dapat memenuhi kebutuhan ini melalui berbagai cara misalnya mengonsumsi buah atau sayuran yang mengandung banyak air atau juga rutin minum air putih.dalam hal ini 6-8 gelas sehari. Ini sangat baik untuk menjaga dan merawat kesehatan ginjal anda.

Stop dari minuman beralkohol 
sekarang juga. Ini di karenakan dengan mengkonsumsi alkohol akan berdampak buruk bagi kesehatan ginjal anda. karena mengakibatkan peningkatan tekanan darah dalam tubuh anda yang pada akhirnya berujung pada gangguan ginjal anda.

Tidak mengkonsumsi atau bahkan menghindari beberapa obat antibiotic dan anti nyeri

Ini dikarenakan dapat merusak ginjal anda atau konsultasikan tentang penggunaan obat tersebut kepada dokter spesialis terlebih dahulu.

Hindari Makanan asin

Makanan asin mengandung sodium yang tinggi. Sodium akan melemahkan kerja ginjal dan membuat ginjal terganggu performanya.

Hindari stres

Selalu berusaha untuk melakukan kegiatan positif dan rileks agar terhindar dari stres. Stres dapat memicu berbagai reaksi tubuh dan dapat mempengaruhi kondisi tekanan darah dan ginjal.

Menjaga kadar gula darah

Penyakit diabetes salah satu faktor risiko dari penyakit ginjal. Menurut data dari Indonesian Renal Registry (IRR) pada tahun 2010, diabetes menyumbang 25 persen penyebab penyakit ginjal.

 wahh banyak sekalinya pantangan untuk terhindar dari penyakit pada ginjal kita.semoga kita bisa menghindari dan selalu utamakan hidup sehat.semoga artikel Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Ginjal bisa membuat anda semakun cerdas.